5 Destinasi Wisata Terbaik Di Sulawesi Selatan

Maret 30, 2018 Lana rezky 0 Comments

5 Destinasi Wisata Terbaik Di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan dengan ibukotanya Makassar ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang patut kamu jelajahi. Selain panorama alam yang cantik mempesona, pantai-pantai tropis nan indah, Trans Studio Makassar yang super seru, kamu juga bisa melihat kekayaan budaya Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Makassar dan sekitarnya, Gogonesia sudah menghimpun lima destinasi wisata terbaik di sana.

1. Pantai Tanjung Bira

Pantai yang satu ini memang memiliki keindahan tiada tara. Hamparan pasir putih panjang membentang, tebing tebing curam yang berkali-kali diterjang ombak, jernihnya laut membentuk gradasi warna biru yang begitu cantik, berlatar langit cerah berhias awan putih, sungguh pemandangan yang mempesona.

Terlebih lagi, ada pulau-pulau cantik di sekitar Tanjung Bira yang menunggu untuk dijelajahi. Dengan menyewa perahu motor, kamu bisa menyebrang ke Pulau Kupang dan Pulau Liukang Loe, dan di sepanjang jalan kamu akan dimanjakan pemandangan cantik. Selain jalan-jalan di pantai, jangan lupa snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Pantai Tanjung Bira yang cantik dan eksotis ini berjarak sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar, dan bisa ditempuh dalam waktu lima jam menggunakan kendaraan umum atau mobil sewaan.

2. Tana Toraja

Di balik bayang-bayang pegunungan dan tebing-tebing granit Sulawesi, Tana Toraja yang subur menjadi tempat tinggal masyarakat Toraja; desa-desa yang berada di tengah indahya alam pegunungan dengan sawah-sawah dan perkebunan kopi. Namun bukan hanya keindahan alam dan keheningan desa yang ditawarkan Tana Toraja, melainkan kekayaan budaya leluhur, khususnya yang berkaitan dengan kematian.

Ya, selain menikmati cantiknya rumah-rumah tradisional di tengah alam hijau Desa Ke’te Kesu, kamu juga ditantang untuk melihat berbagai jenis kuburan dan upacara kematian di Tana Toraja. Di Lemo, kamu bisa melihat “kuburan gantung” dimana jasad-jasad bangsawan Toraja dimakamkan. Liang kuburan berupa lubang yang berada tinggi di atas tebing, dengan patung kayu yang dibuat mirip orang yang dikubur didalamnya berdiri berjajar di balkon di hadapan liang kubur.

Ada juga Desa Kambira, dimana kamu bisa melihat kuburan bayi berupa Pohon Tarra, pohon besar yang dilubangi untuk menempatkan jasad-jasad bayi di dalamnya. Jangan lupa juga datang ke Rantepao, dan siap-siap terpesona oleh pemandangan sawah terasering yang menghijau, berkilauan di lembah pegunungan.

3. Air Terjun Bissapu

Buat kamu yang suka wisata alam, dengan pepohonan hijau, udara sejuk dan sungai yang mengalir jernih, maka Air Terjun Bissapu menjadi destinasi yang harus kamu datangi di Sulawesi Selatan. Air terjun ini terletak di Desa Bonto salluang Kecamatan Bissapu, dan berjarak sekitar lima kilometer dari Kota Bantaeng dengan lama perjalanan sekitar 15 menit.

Untuk melihat air terjun, kamu harus berjalan sedikit menembus hutan. Udaranya sangat sejuk dan sangat jauh dari polusi, dan setelah beberapa lama berjalan, kamu bisa mendengar gemuruh air terjun di kejauhan. Tak lama kemudian, nampaklah keindahan dan kemegahan Air Terjun Bissappu dengan ketinggian lebih 50 meter.

Alam di sekitar air terjun sungguh asri, hijau dan sejuk. Sungainya pun jernih, dengan bebatuan besar dan kecil yang menghiasinya. Namun untuk sampai ke kolam tempat jatuhnya air terjun, kamu harus punya keahlian bahkan peralatan khusus karena bebatuannya sangat licin. Menikmati keindahan alamnya saja sudah memuaskan, apalagi diiringi suara-suara burung dan binatang hutan lainnya, it’s so refreshing!

4. Danau Tempe

Untuk melihat sebuah danau vulkanik yang menakjubkan, kamu bisa datang ke Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo (Sengkang), Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar, kamu butuh waktu kurang lebih enam jam untuk sampai ke Danau Tempe menggunakan kendaraan roda empat.

Danau Tempe merupakan danau alami terbesar kedua di Pulau Sulawesi, dengan luas sekira 13.000 hektar. Pemandangan alam sekitarnya sangat indah, dengan berbagai jenis bunga air serta beberapa jenis burung yang jarang ditemui.

Selain banyak terdapat spesies ikan air tawar, di Danau Tempe juga ada keunikan yang lain. Di tengah danau, kamu bisa melihat ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bendera yang berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, kamu bisa melihat indahnya terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama. Oh ya, danau ini juga menjadi lokasi beberapa event penting, seperti Festival Layang-layang Tradisional.

5. Trans Studio Makassar

Setelah puas berwisata alam, jangan lupa datang ke Trans Studio Makassar yang menawarkan berbagai pengalaman seru dan mengasyikkan. Trans Studio Theme Park di Makassar ini adalah theme park indoor terbesar di Indonesia. Walaupun tak seluas outdoor theme park seperti Dufan, namun kamu tak perlu panas-panasan untuk menikmati aneka wahana di sini.

Trans Studio menyajikan 21 wahana permainan dan hiburan yang terbagi di empat kawasan yang memiliki tema yang berbeda-beda, yaitu Studio Central (mirip Hollywood), Lost City (bertema petualangan dan ekspedisi), Cartoon City (area khusus anak-anak balita dengan warna-warni menarik), dan Magic Corner (tema spooky dan hantu-hantuan ada di sini).

Oh ya, di area Trans Studio yang notabene berada di dalam mall, tentu tersedia banyak restoran dan cafe, jadi kalau sudah keluar dari wahana permainan bisa langsung cari tempat makan malam. Tapi ingat, kalau sudah keluar tidak bisa masuk lagi ya.

Nah travelers, itu dia lima rekomendasi wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan. Buat kamu yang ingin jalan-jalan dan menikmati liburan tanpa repot, jangan khawatir karena sudah tersedia banyak pilihan paket wisata dan perjalanan ke Makassar. Selamat berlibur.

0 komentar: