6 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi JIka Berwisata Ke Cianjur

Mei 23, 2018 0 Comments

6 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi JIka Berwisata Ke Cianjur

Musim panas gini, bawaannya gerah ya? Mungkin enaknya liburan bulan ini pergi ke tempat-tempat dingin. Tapi kemana ya? Nah, buat kamu yang bilang Bandung terlalu mainstream, mungkin bisa coba merambah daerah Cianjur, karena selain hawanya sejuk, juga ada banyak destinasi menarik yang bisa bikin liburanmu tambah seru.

Langsung saja, ini dia rekomendasi liburan di Cianjur versi Gogonesia:

1. Waduk Jangari

Waduk Jangari terletak di kecamatan Mande, Cianjur. Sesuai namanya, di waduk ini ada banyak keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar (jangari). Salah satu primadona ikan air tawar yang dipelihara disini adalah ikan mas. Oh ya, ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Oleh karena itu, area ini cocok buat kamu yang hobi memancing. Kamu juga bisa menikmati segarnya kelapa muda dan ikan bakar sambil menikmati indahnya pemandangan di Waduk Jangari ini.

2. Kebun Raya Cibodas

Nah, destinasi wisata satu ini masih ada di daerah Puncak, travelers. Kebun Raya Cibodas terletak di daerah Cimacan, tepatnya di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur. Kebun raya yang memiliki luas lahan 125 Ha  ini merupakan tempat yang sempurna bagi kamu yang benar-benar ingin menyatu dengan alam. Hutan-hutan pinusnya begitu indah, dengan danau di tengah padang rumputnya.

Koleksi Kebun Raya Cibidas juga sangat banyak. Kamu bisa melihat 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi biji, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di sini terbagi dalam dua koleksi, yakni koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri atas 320 jenis anggrek, 289 jenis kaktus, dan 169 jenis sukulen.

Piknik di tengah kebun raya yang sejuk dan indah, wah pasti menyenangkan! Oh ya, di sini juga ada air terjun Curug Ciismun dan sungai yang sangat dingin dan jernih lho, travelers. Kamu tinggal jalan menembus hutan, ikuti arah menuju air terjun.

3. Situs Meglitikum Gunung Padang

Destinasi unik yang satu ini merupakan situs megalitikum terbesar se-Asia Tenggara lho, travelers. Situs ini terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka. Di sini kamu bisa melihat pola bangunan punden berundaknya yang asimetris, tidak dibangun simetris ke semua sisi seperti Candi Borobudur, tetapi hanya ke satu sisi, yaitu mengarah kepada Gunung Gede. Dengan demikian, Gunung Gede menempati posisi geomantik yang sangat kuat bagi situs Gunung Padang.

Yang unik dari situs megalitik Gunung Padang adalah ditemukannya bilah-bilah batuan yang diperuntukkan sebagai alat musik. Ini adalah penemuan pertama di Indonesia. Tahun 2008 lalu, Dahlan dan Situngki dari Bandung Fe Institute berbekal alat perekam dan analisis Fourier transform pernah meneliti musikologi situs ini dan menyimpulkan bahwa terdapat tiga bilah batu yang bisa mengeluarjan nada musik dengan dentingan (pitch) berfrekuensi dari 2600-5200 kHz selaras dengan nada-nada f”’, g”’, d”’, a”’.

Ada satu lagi yang unik nih, travelers. Di sekitar situs purbakala ini terdapat sumur cinta yang menurut kepercayaan akan membuat kisah asmara anda dengan pasangan menjadi romatis dan penuh cinta. Believe it or not!

4. Pantai Jayanti

Wisata ke gunung, malah ketemu pantai? Well, kenapa tidak? Pantai Jayanti merupakan  pantai yang sangat indah dengan panorama menawan. Temptanya pun masih sangat bersih dan belum banyak tersentuh manusia. Letaknya di Cidaun Selatan, tepatnya di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan. Dari pusat kota Cianjur, pantai Jayanti bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam.

5. Curug Citambur

Curug Citambur yang indah ini terletak di desa Karang Jaya, kecamatan Pagelaran, kabupaten Cianjur. Meskipun akses jalan menuju tempat ini sungguh berliku, melewati bukit dan celah gunung, tetapi semua perjuangan kamu akan terbayar begitu tiba di tujuan. Panorama alam nan eksotis terbentang di hadapanmu, air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter. Suasana syahdu dan begitu dekat dengan alam ditimbulkan oleh sejuknya udara dan turunnya halimun. Lebih kerennya lagi, sesekali pelangi yang muncul di sela-sela halimun akan membuat kamu terpesona.

6. Gunung Gede

Buat kamu pecinta alam, trekking di Gunung Gede akan memuaskan rasa hausmu melihat alam liar yang bebas. Gunung Gede maupun kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan objek wisata alam yang menarik dengan hutan tropis yang indah.

Oh ya, Gunung Gede juga merupakan situs pendakian yang sangat cocok untuk para pendaki pemula. Jalur trekking yang sudah tersedia dari jalur Cibodas, sehingga memudahkan para pendaki menelusuri jalur ke arah puncak. Namun, tingkat kesulitan jalurnya sangat menantang. Beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi:

6.1. Telaga Biru

Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 mdpl) terletak 1,5 kilometer dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.

6.2. Air Terjun Cibeureum

Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak  sekitar 2,8 kilometer dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut, kamu bisa melihat sejenis lumut  merah yang endemik di Jawa Barat.

6.3. Air Panas

Terletak sekitar 5,3 kilometer atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.

6.4. Kandang Batu dan Kandang Badak

Cocok untuk berkemah dan melakukan pengamatan  tumbuhan dan satwa. Berada pada ketinggian 2.220 mdpl dengan jarak 7,8 kilometer atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

6.5 Puncak dan Kawah Gunung Gede

Panorama berupa pemandangan sunrise dan sunset, hamparan kota Cianjur dari ketinggian, juga Sukabumi, dan Bogor terlihat dengan jelas. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu  dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 mdpl dengan jarak 9,7 kilometer atau 5 jam  perjalanan dari Cibodas.

6.6. Alun-alun Suryakencana

Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga  edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 mdpl dengan jarak 11,8 kilometer atau 6 jam  perjalanan dari Cibodas.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wisata Cianjur. Buat kamu yang ingin liburan seru di Cianjur, ada banyak pilihan akomodasi yang bernuansa alam, dan banyak juga kegiatan seru yang bisa dilakukan selama di Cianjur.

0 komentar: