Mungkin Ini Penyebab Gaji Anda Lebih Kecil Dibanding Rekan Kerja

Juli 08, 2018 Lana rezky 0 Comments

Mungkin Ini Penyebab Gaji Anda Lebih Kecil Dibanding Rekan Kerja

Bekerja dan memiliki tanggung jawab bagi perusahaan, Anda juga tentu mendapatkan sejumlah gaji tetap setiap bulannya. Semua karyawan di dalam perusahaan akan memiliki tugas masing-masing dan berhak atas sejumlah gaji yang sesuai dengan tugas-tugas yang mereka kerjakan.

Namun, apa jadinya jika ternyata gaji Anda justru lebih kecil dari rekan kerja Anda yang lainnya di perusahaan tempat Anda bekerja?

Setiap perusahaan tentu akan memiliki kebijakan terkait dengan penetapan jumlah gaji yang diterima oleh karyawannya. Masing-masing karyawan bisa saja akan mendapatkan gaji yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Lama kerja, pengalaman, tanggung jawab, dan berbagai hal lainnya merupakan beberapa poin yang kerap memengaruhi besaran gaji yang diterim oleh karyawan. Berbagai faktor inilah yang pada akhirnya kerap membuat perusahaan memiliki kebijakan agar para karyawannya merahasiakan jumlah gaji yang mereka terima setiap bulannya.

Alasannya tentu jelas, untuk menghindari berbagai masalah dan juga sikap-sikap tidak profesional yang mungkin saja timbul akibat kecemburuan di antara karyawan. Pahami dengan baik berbagai alasan yang membuat gaji Anda lebih kecil dari rekan kerja, sehingga Anda tidak merasa dirugikan.

Lalu, apakah gaji Anda benar-benar lebih kecil ketimbang rekan kerja? Jika ya, berikut ini kemungkinan yang jadi penyebabnya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Belum Memiliki Pengalaman yang Cukup
Pengalaman kerja juga akan memengaruhi gaji, terutama jika Anda bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Pengalaman ini biasanya akan memengaruhi kemampuan kerja seseorang, sebab seorang ahli tentu akan lebih profesional jika didukung dengan jam terbang yang juga sudah tinggi.

Jadi jangan kaget, jika ternyata Anda mendapatkan gaji yang lebih kecil dibandingkan rekan kerja yang sudah memiliki pengalaman lebih lama di bidang yang Anda geluti.

2. Posisi atau Jabatan masih di Level Bawah
Posisi atau jabatan Anda di dalam perusahaan tentu akan sangat memengaruhi jumlah gaji yang akan Anda dapatkan setiap bulannya. Seorang manager pemasaran tentu tidak mungkin mendapatkan gaji yang sama dengan seorang staf penjualan biasa.

Gaji Anda akan mengikuti perkembangan karier Anda di dalam perusahaan. Semakin tinggi jabatan yang Anda pegang, maka akan semakin tinggi juga jumlah gaji yang bisa Anda dapatkan. Hal ini juga tentu dibarengi dengan jumlah tanggung jawab yang juga semakin besar.

3. Tidak Tahu Standar Gaji untuk Posisi yang Dijalani
Salah satu kesalahan yang lazim dilakukan karyawan hingga akhirnya mendapatkan gaji yang kecil di dalam perusahaan adalah tidak mencari informasi akurat terkait besaran gaji di perusahaan sesuai dengan posisi yang lamar.

Jika Anda wawancara dan hanya meminta gaji yang kecil saja kepada pihak perusahaan, maka dengan senang hati perusahaan tentu akan mengabulkannya, meskipun rata-rata gaji karyawan di sana jauh lebih tinggi. Hal ini akan menjadi penyesalan bagi diri Anda sendiri di kemudian hari.

Sebab suatu saat Anda akan mengetahui besaran gaji yang diterima rekan-rekan kerja Anda ternyata lebih tinggi. Hindari kesalahan seperti ini, pastikan untuk selalu mencari informasi yang lengkap dan akurat tentang perusahaan yang akan Anda lamar, termasuk besaran gaji diterapkan.

4. Menerima Begitu Saja Tanpa Melakukan Negosiasi Gaji
Mendapatkan pekerjaan di perusahaan idaman saja sudah membuat Anda begitu senang, sebab mencari pekerjaan saat ini memang tidak bisa dibildang mudah. Anda begitu bersyukur, bahkan hingga tidak lagi melakukan negosiasi gaji dengan pihak perusahaan dan hanya menerima jumlah gaji yang mereka tawarkan.

Ini juga bisa menjadi kesalahan fatal. Sebab Anda bisa saja menerima gaji yang jumlahnya jauh lebih kecil dari rekan-rekan kerja Anda yang selevel di kantor.

Biasanya perasaan menyesal akan datang setelah bekerja dan Anda mengetahui besaran gaji rekan kerja yang ternyata lebih tinggi. Jika sudah begini, rasanya tentu Anda ingin kembali mengulang sesi wawancara lagi, bukan?

5. Statusnya Masih Karyawan Kontrak
Status kepegawaian yang Anda sandang di dalam perusahaan juga akan memengaruhi besaran gaji yang Anda dapatkan. Pada umumnya, perusahaan akan memberikan gaji yang lebih tinggi dan beragam fasilitas pendukung lainnya yang memadai bagi para pegawai tetap mereka.

Sementara, hal itu tidak berlaku demikian dengan karyawan yang statusnya masih kontrak. Meski begitu, sebagian pegawai kontrak yang datang sebagai profesional juga bisa saja mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada pegawai tetap di dalam sebuah perusahaan.

6. Ada Diskriminasi
Meskipun zaman sudah sangat modern, keputusan yang bersifat diskriminatif masih saja banyak ditemukan di perusahaan-perusahaan. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain.

Keputusan personal yang pada umumnya diambil tanpa melihat kemampuan dan pengalaman kerja ini bisa memengaruhi banyak hal, termasuk jumlah gaji seseorang di dalam perusahaan. Bukan tidak mungkin Anda juga mengalaminya.

Bagi Anda yang sudah bekerja, Anda pasti sudah mulai memahami dengan baik lingkungan kerja dan juga besar gaji yang diterapkan oleh perusahaan. Perbedaan jumlah gaji ini sangat mungkin terjadi, terutama di dalam perusahaan yang cukup besar. Pastikan Anda mendapatkan informasi akurat sejak awal soal ini, sehingga Anda bisa mendapatkan gaji yang tepat dan sebanding dengan kinerja Anda serta standar gaji di dalam perusahaan.

0 komentar: