Mau Jadi Manajer Handal? Ini Kriteria Yang Anda Butuhkan

Oktober 11, 2019 0 Comments



Mau Jadi Manajer Handal? Ini Kriteria Yang Anda Butuhkan
Sumber gambar: pixabay

Salah satu profesi favorit untuk alumni jurusan Manajemen adalah menjadi seorang manajer. Manajer merupakan anggota organisasi yang memiliki tugas untuk mengarahkan, mengawasi, memadukan, serta mengkoordinasi berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya. Untuk menjadi seorang manajer handal bukanlah hal yang mudah, bukan hanya mampu secara akademik saja namun juga harus memiliki berbagai kriteria berikut:

Bertanggung jawab
Anak S1 jurusan Manajemen yang berprofesi sebagai manajer ditunjuk dan dipilih oleh perusahaan untuk tanggung jawab terhadap kinerjanya dan hasil kerja timnya. Tidak heran karenanya, jika seorang manajer memiliki gaji yang fantastis karena tanggung jawabnya yang tinggi.

Kriteria manajer yang baik pasti memiliki tanggung jawab penuh, jika tidak melakukan kesalahan maka ia meletakkannya sebagai kegagalan pribadi. Selanjutnya ia akan memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya di masa mendatang, kriteria manajer yang baik tidak akan melimpahkan kesalahan kepada tim.

Selalu energik
Memiliki semangat kerja yang tinggi wajib dimiliki oleh seorang manajer, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan tempatnya bekerja termasuk anggota tim. Ketika sebuah tim dihadapkan pada pekerjaan besar, hal ini akan sangat membawa pengaruh positif. Meski begitu, ada kalanya ke anggota tim juga bisa bersantai agar stamina mereka tidak habis.

Sebagai informasi tambahan, saat ini ada banyak universitas yang menyediakan kuliah online di jurusan ini termasuk salah satunya universitas swasta populer binus online. Namun bagi yang ingin mencari universitas dengan biaya yang lebih murah, bisa juga mengakses portal Pintaria. Portal ini banyak menyediakan jurusan manajemen di berbagai universitas, tentunya dengan biaya yang lebih ringan.

Stay Calm
Kriteria manajer yang handal adalah iya bisa tetap tenang yang stabil meski dalam tekanan. Jika sebuah masalah muncul pada sebuah tim, pasti anggota akan mencari arahan kepada pemimpinnya. Jika pemimpin tersebut merupakan orang yang bisa diandalkan, tentunya Tim akan mendapat pencerahan mengenai masalah yang dihadapi. Para anggota tentu akan sangat senang bisa bekerjasama dengan manajer yang dapat diandalkan, terlebih ketika menghadapi permasalahan.

Teruntuk karyawan yang sedang mencari kuliah blended learning jurusan Manajemen, saat ini sudah banyak universitas yang menawarkan sistem kuliah ini.

Menjadi pendengar yang baik dan mampu berkomunikasi secara efektif
Seorang manajer handal bukan hanya bisa memutuskan, namun ia juga mampu menerima saran atau usulan dari anggotanya. Anda tentu tidak dapat membayangkan jika seorang manajer selalu mengiyakan usulan, namun saat memberikan keputusan jauh berbeda dari yang diusulkan.

Untuk menjadi seorang manajer yang handal, kemampuan mendengarkan pendapat dan komunikasi dengan anggota merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya seorang manajer yang hebat sekalipun, ia tidak akan bisa menyelesaikan semua masalah dan pastinya membutuhkan masukan atau usulan dari anggota lain.

Memiliki kemampuan meyakinkan atau pengaruh positif
Mahasiswa jurusan Manajemen yang ingin menjadi seorang manajer mungkin tidak akan menemukan mata kuliah ini. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki untuk seorang manajer handal. Kemampuan satu ini memang cukup sulit dimiliki, yakni kemampuan untuk memberikan pengaruh positif atau meyakinkan.

Seorang manajer harus bisa memberi pengaruh positif untuk anggotanya, terlebih tanpa otoritas formal. Dengan begitu anggota akan lebih terpacu dalam melaksanakan tugas yang diembannya. Kemampuan meyakinkan disini berbeda dengan intervensi bidang tugas orang lain.

Berani mengambil resiko
Mahasiswa yang kuliah blended learning jurusan Manajemen tentu sudah paham betul bahwa menjadi seorang manajer akan selalu dihadapkan dengan resiko. Seorang manajer yang baik tentu harus berani mengambil resiko, tentunya dengan penuh pertimbangan akan berbagai hal yang terjadi.

Menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis pasti dipenuhi dengan risiko, aneh jika seorang manajer tidak memiliki keberanian untuk mengambil resiko. Sebuah organisasi atau perusahaan bekerja di bawah putusan Manajer, karenanya ia harus terbiasa mengambil resiko yang berdasarkan pada perhitungan dan pengendalian risiko.

Bukan hanya bisa mengkritik, namun bisa juga memberi pujian
Seorang manajer tidak hanya bisa mengkritik, namun dia juga harus bisa memuji tatkala pekerjaan dilaksanakan dengan baik. Kritik memang sangat penting untuk kemajuan anggota, namun hal ini harus diimbangi dengan pujian ketika anggota melaksanakan tugasnya dengan baik. Sudah sifat umumnya jika pujian lebih mudah diterima lapang dada dibanding dengan kritik, termasuk jika kritik tersebut ditujukan kepada manajer maupun anggotanya.

Memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi
Calon manajer dari binus online atau pintaria.com harus sudah tahu bahwa perubahan pasti terjadi. Perubahan merupakan sesuatu yang pasti di dunia ini, seorang manajer tidak akan menggunakan roadmap kaku jika tidak ingin menurunkan kinerja jangka panjang organisasinya karena perubahan lingkungan. Seorang manajer harus bisa beradaptasi dengan perubahan, tentunya ia sudah bisa menyiapkan penanganan terbaik sehingga organisasi tersebut selalu berada dalam sisi positif untuk setiap kali perubahan terjadi.

Berani menghargai pekerjaan atau kontribusi dari orang lain
Di lingkungan yang penuh dengan persaingan ini memang sulit menemukan rekan setim yang saling memberikan selamat atas keberhasilannya. Seorang manajer lulusan S1 jurusan Manajemen harus memiliki kemampuan untuk menghargai, meskipun ia merupakan seorang pemimpin yang seharusnya dihargai.

Ketika ada anggota nya yang bisa berkontribusi lebih dalam proyek atau pekerjaannya, seorang manajer yang handal akan memberikan penghargaan baik berupa pujian ataupun lainnya. Hal ini akan menimbulkan rasa nyaman, tentunya juga sebagai motivasi untuk anggota lainnya agar bekerja lebih giat lagi.

Bagi yang tertarik menjadi seorang manajer, bisa mengikuti jurusan Manajemen di berbagai universitas yang ada. Bagi karyawan yang sudah sibuk bekerja, masih bisa mengikuti kuliah tanpa harus mengorbankan pekerjaan. Saat ini ada banyak kuliah online yang menyediakan jurusan ini sebagai pilihan, salah satunya yang terkenal pintaria.com. Portal yang satu ini menawarkan berbagai universitas yang menyediakan kuliah online di jurusan Manajemen, tentunya dengan berbagai keunggulan (seperti skema cicilan bulanan, waktu kuliah fleksibel, universitas terakreditasi, dll).

0 komentar: