Yuk Cegah Diabetes Sejak Dini!

Oktober 28, 2019 10 Comments


Yuk Cegah Diabetes Sejak Dini!
Saat ini, gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia sangat berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penderita diabetes di tanah air. Diabetes masih dianggap sebagai penyakit orang tua sehingga banyak orang yang belum sadar akan pentingnya mencegah diabetes sejak dini. Sehingga, ketika mereka diketahui mengidap penyakit berbahaya ini, semua sudah terlambat. Jadi, apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah diabetes? Berikut ini beberapa cara mencegah diabetes yang dapat Anda lakukan:
1.      Mengontrol berat badan
Bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, biasanya pemicu yang paling sering adalah kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan memiliki kemungkinan 7 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal. Oleh karena itu, jika tidak ingin terserang diabetes meskipun memiliki faktor keturunan, kendalikan berat badan Anda sekarang juga! Caranya mudah. Berjalan cepat selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes sebanyak 50%.
2.      Konsumsi makanan bergizi
Anda dapat memulai makan sehat dengan menghindari makanan dengan lemak dan kolesterol tinggi, serta membatasi produk makanan olahan.  Kemudian, kurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dan garam. Hal lain yang dapat dilakukan adalah memilih makanan rendah kalori dan lemak, serta  tinggi serat. Fokuslah untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan dengan bahan dasar gandum. Makanlah dalam porsi kecil. Perhatikan ukuran sajian makanan yang Anda makan, dan berapa banyak porsi yang Anda butuhkan.
3.      Hindari minuman manis
Diabetes sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis. Sebab, minuman tinggi gula dapat meningkatkan risiko diabetes. Minuman tersebut dapat meningkatkan gula darah yang merangsang pankreas. Sehingga menambah produksi insulin, hormon yang membantu gula keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel-sel tubuh.
Minuman manis memiliki kalori yang tinggi. Meskipun hanya minuman ringan, namun minuman manis kemasan dapat mengandung kalori hampir sama dengan 1 piring nasi. Untuk itu, hindari minuman manis/minuman ringan jenis apapun. Sebagai gantinya, perbanyaklah minum air putih atau buat jus buah tanpa gula. Ingat, mengonsumsi minuman manis akan meningkatkan resiko Anda terserang diabetes.
4.      Olahraga teratur
Olahraga teratur akan mengurangi risiko Anda terkena diabetes. Karena dengan berolahraga, kalori yang Anda konsumsi akan berubah menjadi energi. Otot yang bekerja lebih keras akan meningkatkan kemampuannya untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Dengan demikian, kalori tidak akan ditimbun dalam pembuluh darah berupa glukosa atau gula yang dapat menyebabkan diabetes di kemudian hari.
Keempat tindakan di atas adalah pola hidup sehat yang harus Anda terapkan dalam mencegah penyakit diabetes. Dengan demikian, risiko Anda terserang diabetes akan semakin kecil.
Cek gula darah untuk cegah diabetes
Agar kondisi tersebut tidak terjadi, Anda dapat mencegah diabetes dengan melakukan cek gula darah secara rutin. Di bawah ini merupakan beberapa jenis pemeriksaan gula darah, yaitu:
1.      Tes Gula Darah Puasa (GDP)
Pemeriksaan dilaksanakan dengan mewajibkan Anda untuk berpuasa sebelumnya. Puasa yang dianjurkan memerlukan waktu kurang lebih 8 hingga 10 jam sebelum tes darah dilaksanakan. Saat ini, pemeriksaan gula darah puasa dianggap sebagai pemeriksaan yang cukup akurat untuk mendiagnosis penyakit diabetes.
Di bawah ini merupakan rujukan kadar gula darah puasa:
o    Normal: di bawah 100 mg/dl
o    Pre-diabetes: 100-125 mg/dl
o    Diabetes: 126 mg/dl atau lebih
2.      Tes Gula Darah 2 jam Post-Prandial (GD2PP)
Tes gula darah 2 jam post-prandial merupakan kelanjutan dari tes gula darah puasa. Setelah Anda menjalani tes gula darah puasa, yaitu dengan puasa 8 jam penuh, Anda akan diminta untuk makan seperti biasa. Kemudian, 2 jam setelah makan, sampel darah Anda akan diambil kembali untuk pemeriksaan kadar gula darah.

Sebenarnya hal yang wajar jika kadar gula darah melonjak setelah waktu makan. Hal ini terjadi baik pada orang sehat maupun penderita diabetes. Namun, pada orang yang sehat, kadar gula darah akan kembali normal 2 jam setelah makan. Kondisi ini tak terjadi pada penderita diabetes. Hormon insulin mereka sudah tidak dapat bekerja dengan normal atau dapat dikatakan tidak cukup. Akibatnya, gula darah para penderita diabetes akan tetap tinggi meski 2 jam setelah makan.
Berikut adalah nilai rujukan dari pemeriksaan gula darah 2 jam post-prandial:
o   Normal: kurang dari 140 mg/dl
o   Prediabetes: 140-199 mg/dl
o   Diabetes: 200 mg/dl atau lebih
3.      Tes Gula Darah Sewaktu (GDS)
Tes gula darah ini dapat dilakukan kapan saja, tidak perlu puasa sebelumnya atau sewaktu saat anda setelah makan. Namun, pemeriksaan ini biasanya hanya diterapkan pada penderita diabetes saja. Jadi, jika Anda sudah memiliki alat cek gula darah di rumah, Anda bisa melakukan pemeriksaan ini secara mandiri.
Inilah kategori kadar gula darah Anda menurut tes gula darah sewaktu.
o   Normal: di bawah 200 mg/dl
o   Diabetes: lebih dari 200 mg/dl
Dengan rutin cek gula darah serta selalu menjaga gaya hidup sehat, Anda bisa mencegah munculnya penyakit diabetes. Anda juga dapat mengonsumsi Diabetasol sebagai Nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang. Diabetasol mengandung Vita Digest Pro dan Indeks Glikemik rendah untuk mengurangi terjadinya lonjakan gula darah tinggi setelah konsumsi makanan. Diabetasol juga berfungsi untuk mengontrol penurunan gula darah yang drastis dalam menstabilkan kadar gula darah pada penderita Diabetes.

Sumber:

10 komentar:

  1. Saya sekarang jaga makanan,hehe,,asupan makanan harus dijaga

    BalasHapus
  2. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. jangan lupa mampir ke Produsen Aneka Camilan Jogja

    BalasHapus
  3. Artikel sangt bermanfaat gan.
    Visit to toko alat listrik

    BalasHapus
  4. Asupan makanan memang harus dijaga, artikel nya sangat menambah wawasan

    kue nastar cengkeh

    BalasHapus
  5. mencegah diabetes sejak dini sangatlah peting bagi organ tubuh....marilah jagalah kesehatanmu sejak dini

    geplak wajik jogja

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat kak ketahui lebih lamjut yuk tentang diabetes & infertilitas

    BalasHapus