Harga Rokok Melambung, Intip Tips Berhenti Merokok Ini!

Januari 20, 2020 2 Comments


Harga Rokok Melambung, Intip Tips Berhenti Merokok Ini!
Secara resmi, Menteri Keuangan Sri Mulyani menaikkan cukai terhadap hasil tembakau dengan rata-rata mencapai 21,55% terhitung sejak Januari 2020 ini. Aturan tersebut langsung dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dengan nomor 152/PMK.010/2019.

Dengan aturan tersebut, harga rokok di tahun 2020 diperkirakan akan melambung hingga mencapai Rp35.000,00 untuk setiap bungkusnya.

Tips Sederhana Untuk Hilangkan Kebiasaan Merokok

Di Indonesia sendiri, merokok sudah seperti kebiasaan buruk yang terus menyebar dan menyebabkan banyak korban berjatuhan. Bukan menghancurkan bak serangan bom dari teroris, tapi menghancurkan diri sendiri dari dalam dengan membiarkan zat dalam rokok menggerogoti dan menghabiskan organ Kita. Karena bahayanya tersebut, berhenti merokok adalah solusi terbaik yang bisa ditempuh.

Namanya sudah kebiasaan, tentu akan sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, Kami telah merangkum beberapa tips sederhana dan mudah yang bisa Anda terapkan untuk mempermudah upaya Anda dalam menghilangkan kebiasaan merokok. Berikut ini adalah detailnya:

1.       Temukan Alasan Untuk Memotivasi
Jika hanya memiliki keinginan saja tanpa dibarengi dengan motivasi, hampir bisa dipastikan akan sulit untuk mengubah kebiasaan buruk merokok. Karenanya, peran motivasi sangatlah krusial. Sebagai contoh saja Anda menggunakan keluarga sebagai motivasi terbesar untuk tidak lagi merokok. Dengan alasan bahwa perokok pasif juga akan menerima dampak buruk dari asap rokok yang Anda konsumsi.

Dari motivasi kuat tersebut, Anda akan berhasil mengalahkan kebiasaan buruk itu dalam kurun waktu yang relatif lebih cepat. Tidak percaya? Coba saja tanamkan motivasi dan tekad yang kuat dalam diri Anda!

2.       Nicotine Replacement Therapy
Penggantian nikotin juga bisa dilakukan untuk mengubah kebiasaan merokok. Menggunakan media lain seperti koyo nikotin, permen karet nikotin, nikotin inhaler, atau media lainnya bisa menjadi solusi bagi Anda.

Memang benar media-media tersebut masih mengandung nikotin di dalamnya, tapi kesemuanya tidaklah mengandung tar atau bahan kimia lain seperti rokok. Seperti yang Kita tahu, tubuh yang sudah kecanduan nikotin dan bila tidak diberi asupan nikotin dapat membuat tubuh merasa frustrasi. Jadi setidaknya dengan mengganti media nikotin, kebiasaan merokok pun bisa dihilangkan secara perlahan.

3.       Minta Dukungan Orang Terdekat
Dukungan dari orang terdekat sangatlah penting keberadaannya. Sederhananya, dukungan tersebut mampu menjadi motivasi bagi mereka yang sedang berusaha untuk berhenti merokok. Anda bisa mengabarkan kepada semua orang bahwa Anda sedang menjalani program untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

Dan mereka tentu akan dengan senang hati membantu Anda untuk bisa melewatinya. Entah itu dengan mengingatkan Anda, tidak merokok di depan Anda, atau sekadar memberikan semangat untuk berjuang lebih.

4.       Jalani Pola Hidup Sehat
Dengan alasan kesehatan, Anda bisa mulai menjaga kesehatan diri dengan cara mengubah pola hidup sehat. Mudah saja, Anda bisa mulai dengan makan makanan yang bergizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat cukup. Bukan hanya sehat, Anda juga bisa mengurangi hasrat untuk mengonsumsi nikotin jika sudah menerapkan pola hidup sehat.

5.       Perbanyak Melakukan Hal yang Menyenangkan
Lakukanlah hal yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatian Anda terhadap rokok. Bisa dengan membaca novel, menonton film, pergi bersama teman-teman, hingga melakukan hobi yang selama ini belum sempat dilakukan.

Beberapa tips di atas sangatlah mudah untuk dilakukan. Di samping akan menjaga kesehatan Anda, mengurangi konsumsi rokok juga akan menambah uang simpanan Anda. Apalagi dibarengi dengan fakta bahwa di tahun ini harga rokok akan naik. Untuk itu, berhenti merokok akan menjadi pilihan paling bijak untuk diambil di awal tahun ini. Bagaimana? Setujukah Anda?

2 komentar:

  1. nah. Daripada buang-buang duit beli rokok, mendiung beli memang menarik untu dicoba. Apalagi kalau dikombinasikan dengan kentang goreng di saya

    BalasHapus
  2. Daripada menghabiskan uang buat beli rokok,mending buat belanja aja di sepatu lokal jogja

    BalasHapus