Yuk Simak Prosedur Klaim Polis Untuk Layanan Rawat Inap Cashless

Februari 16, 2020 0 Comments


Yuk Simak Prosedur Klaim Polis Untuk Layanan Rawat Inap Cashless

Prudential adalah salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia. Perusahaan ini memiliki asurasnsi kesehatan yang cukup diminati. Untuk cara klaim asuransi Prudential, perusahaan ini memiliki dua macam jenis pembayaran, Cashless dan Reimbursement. Jika anda mengklaim rawat inap dengan menggunakan cashless, berikut ini adalah prosedur klaim asuransi yang harus anda ketahui.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Mengklai Asuransi Kesehatan Prudential
Sebelum anda menggunakan asuransi Prudential pada suatu rumah sakit, anda perlu memastikan perusahaan tersebut adalah rekanan resmi asuransi Prudential. Kemudian lakukan laporan klaim dan verifikasi nomor kartu peserta dengan menghubungi pelayanan medis Prudential. Pastikan juga pihak administrasi rumah sakit sudah menerima dokumen lengkap anda dalam kurun waktu 1x24 jam.

Prosedur Klaim Asuransi Saat Masuk Rumah Sakit
Saat anda mulai masuk rumah sakit, prosedur cara klaim asuransi Prudential pertama adalah memberikan Kartu Tanda Anggota Prudential anda dan juga kartu identitas anda. Anda bisa menggunakan KTP yang masih berlaku dan memberikannya pada pihak administrasi rumah sakit. Pada beberapa Rumah sakit, anda tidak diharuskan bahkan tidak memerlukan membayar uang muka. Namun, ada juga beberapa rumah sakit yang akan meminta jaminan dengan uang muka.

Setelah itu, pihak administrasi rumah sakit akan segera mengirimkan laporan medis awal anda, ke pihak Prudential. Hal ini dilakukan sebagai langkah penjaminan awal. Dengan dikirimnya laporan tersebut anda akan diminta untuk mendatangani sebuah dokumen pernyataan. Pernyataan akan berupa kesediaan menanggung biaya perawatan jika terjadi selisih dari total perawatan. Cara klaim asuransi Prudential saat awal masuk sudah selesai, anda bisa segera masuk ruang rawat inap.

Prosedur Klaim Asuransi Saat Hendak Keluar Rumah Sakit
Setelah proses rawat inap selesai dan pasien sudah mendapatkan izin untuk pulang, anda perlu melakukan prosedur selanjutnya. Segera datangi pihak administrasi rumah sakit dan minta untuk menutup biaya perawatan. Pihak administrasi akan mengirimkan laporan akhir medis beserta dengan total biaya perawatan pada pihak Prudential. Jika terjadi ketidak lengkapan dokumen, maka pihak Prudential akan meminta kepada pihak rumah sakit.

Sebaliknya, jika seluruh dokumen pasien sudah dinyatakan lengkap dan biaya perawatan sesuai dengan persyaratan klaim yang ada, maka biaya akan ditanggung Prudential. Namun perlu dipahami, dalam proses dan cara klaim asuransi Prudential, anda akan diminta untuk menanggung sisa atau kelebihan biaya perawatan. Proses klaim yang anda ajukan biasanya akan selesai atau cair dalam kurun waktu sekitar 3 jam.

Prosedur Klaim Asuransi Rumah Sakit Luar Negeri
Jika anda perlu mendapatkan perawatan rawat inap di rumah sakit luar negeri, asuransi layanan Prudential hanya berlaku untuk nasabah PruPrime Healthcare saja. Untuk prosedur klaim asuransinya, anda membutuhkan administrator pihak ketiga (TPA). Segera hubungi TPA dua hari (2x24 jam) sebelum anda menjalani perawatan. Petugas tersebut akan memverifikasi dan memberikan dokumen yang perlu anda isi dan dikembalikan beserta scan paspor anda.

Jika tahapan tersebut lancar, nantinya TPA akan segera mengkonfirmasi jadwal perawatan dan lokasi rumah sakit. Prosedur cara klaim asuransi Prudential berlanjut dengan melakukan rawat jalan terlebih dahulu tanpa menggunakan fasilitas cashless. Jika memang anda memerlukan rawat inap, pihak rumah sakit akan mengirim letter of quarantee pada prudential. Kemudian pihak rumah sakit akan melakukan pre-authorization menggunakan kartu kredit anda.

Itulah tahapan prosedur yang perlu anda lakukan untuk mengklaim asuransi kesehatan Prudential. Anda perlu memastikan rumah sakit, jenis layanan, dan dokumen yang diperlukan. Selain itu, anda perlu mengikuti cara dan prosedur dengan baik agar bisa mendapatkan layanan cashless. Daripada menggunakan asuransi, lebih disarankan agar anda memiliki tabungan. Selain lebih mudah untuk dicairkan, tabungan juga bisa anda gunakan kapanpun dan dimanapun.  




0 komentar: