Perhatikan Hal Ini Ketika Memasang Pipa dan Fitting untuk Air Panas

Maret 09, 2020 1 Comments


Perhatikan Hal Ini Ketika Memasang Pipa dan Fitting untuk Air Panas

Dalam pemasangan instalasi saluran air, penggunaan pipa dan fitting pipa pastinya akan sangat dibutuhkan. Begitu juga saat membangun instalasi pipa air panas, kedua material tersebut harus sangat diperhatikan. Namun selain itu, ada beberapa hal lain juga yang tidak kalah penting diperhatikan agar instalasinya terpasang dengan baik. Supaya Anda bisa lebih mudah untuk menggunakan air panas sewaktu-waktu.
Jika biasanya Anda harus memasak air lebih dulu untuk mandi air hangat, maka dengan memasang water heater di kamar mandi, Anda tidak perlu lagi melakukannya. Sebab alat ini akan memberikan air panas yang Anda butuhkan. Jika berencana memasang instalasi pipa air panas ini, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:
1.      Menentukan Titik Keran
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memasang intalasi air panas adalah menentukan titik keran yang akan dilalui oleh air panas dari water heater. Untuk menentukannya, sebaiknya carilah titik terdekat antara keran dengan pemanas air guna menekan pengeluaran. Setelah titik keran ditentukan, maka selanjutnya Anda dapat menentukan panjang pipa yang diperlukan, jumlah pipa dan fitting pipa yang akan digunakan serta jumlah keran yang akan dipasang.
2.      Gunakan Jenis Pipa Khusus
Ada banyak sekali jenis pipa yang dapat kita temukan di pasaran, namun tidak semua jenisnya tersebut dapat digunakan dalam pemasangan pipa air panas. Ada yang mengatakan jika pipa dari material PVC (polyvinyl chloride) yang tebal dan kuat seperti pipa pralon rucika sudah cukup baik digunakan. Ada juga yang lebih menyarankan untuk menggunakan pipa berbahan PERT (polyethylene of raised temperature resistence) yang tahan hingga 95 derajat celcius. Atau pipa dari bahan tembaga yang dikhususkan untuk instalasi air panas. Pilihlah jenis pipa yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
3.      Perhatikan Letak Water Heater
Untuk perawatan yang lebih baik dan efisien, sebaiknya letakkan water heater tidak terlalu jauh dari jangkauan. Setidaknya, cukup 1,5 meter dari lantai kamar mandi yang dipasangi. Jadi, jika dibutuhkan reparasi terhadap pipa pun Anda tak perlu repot karena letaknya yang mudah dijangkau.
4.      Perhatikan Detail Pipa dan Kran
Memperhatikan setiap detail yang dibutuhkan oleh rangkaian dalam memasang instalasi pipa air panas juga sangat penting, mulai dari sok drat, fitting tee hingga sambungan pipa. Kesemuanya ini harus diperhitungkan secara tepat, presisi dan akurat agar instalasi air panas dapat terpasang dengan baik.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang pipa air panas. Dalam hal ini, penggunaan jenis pipa dan fitting pipa perlu menjadi perhatian sendiri mengingat ketahanan masing-masing pipa terhadap suhu tinggi yang berbeda-beda.

1 komentar:

  1. nah kalau diatas mengulas tentang fitting pipa pvc, tapi anda maunya fitting pipa besi jakarta bisa cari ditempat kami ya, alvindo catur sentosa, makasi

    BalasHapus