6 Hal Dasar yang Perlu Dilakukan pada Smartphone Baru, agar Awet dan Terawat!

Agustus 06, 2020 0 Comments

Smartphone
Sumber: pinterest.com

Bisa dibilang kini smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki mengingat segala hal sudah serba online dan digital. Bahkan dengan smartphone kita sudah bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, seperti membeli makanan, pakaian, dan sebagainya tanpa perlu keluar rumah. Untuk membeli kebutuhan sehari-hari, kita hanya perlu menggunakan aplikasi online shop lalu transfer pembayaran atau bayar di tempat, kita tinggal tunggu barang yang telah dibeli. Simple dan praktis banget kan? Maka tak heran jika smartphone kini menjadi perangkat yang penting untuk dimiliki.

Bagi kamu yang punya HP baru, ada banyak hal yang perlu kamu lakukan agar smartphone milikmu bisa awet dan terawat. Mau tahu apa saja? Cek selengkapnya!


1. Pindahkan Nomor Kontak 

 
Sumber: pinterest.com

Cara paling mudah menyimpan nomor kontak adalah dengan menyimpannya di kartu SIM. Saat kamu berganti HP, kamu cukup memasukkan kartu SIM milikmu, dan data kontak pun langsung tersimpan. Tapi, jika tidak bisa, gunakan Google Drive atau fitur Cloud. Kalau mau yang lebih manual, masukan saja nomor kontak satu per satu, namun bakal lebih repot lagi nantinya. 

2. Buat Akun Google atau Apple

 
Sumber: pinterest.com

Biasanya kamu bakal diminta untuk membuat atau mengaktifkan akun Google atau Apple milikmu terlebih dahulu. Kalau belum punya, segeralah buat dan aktifkan. Jika akun ini sudah aktif, barulah kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi di smartphone milikmu.

3. Instal Aplikasi Penting dan Berguna

 
Sumber: pinterest.com

Jika sudah membuat akun Google, kini kamu bisa menginstal berbagai aplikasi di HP. Pikirkanlah aplikasi-aplikasi apa saja yang penting dan akan selalu digunakan nanti. Entah itu sosial media, atau aplikasi untuk kebutuhan kerja. Jika semua aplikasi penting yang kamu butuhkan sudah terinstal, barulah kamu bisa menginstal game favoritmu. Sehingga penyimpanan smartphone kamu pun gak penuh untuk menginstal aplikasi penting tersebut.

4. Beri Password

 
Sumber: pinterest.com

Kebanyakan smartphone kini sudah dibekali dengan berbagai fitur keamanan, seperti password. Biasanya di smartphone kita akan menyimpan banyak data pribadi. Supaya data-data tersebut tersimpan dengan aman dan gak dicuri orang, ada baiknya pasangkan kode pada layar kunci kamu. Buatlah yang rumit namun mudah diingat agar menjamin keamanan dan akses kamu.


5. Setting Fitur Auto-Update

 
Sumber: pinterest.com

Ini juga tak kalah pentingnya. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka aplikasi yang kamu unduh di smartphone bakal selalu up-to-date. Ada baiknya atur fitur auto-update ini saat menggunakan WiFi saja. Sebab hal ini bisa membuat data kuota kamu terkuras banyak karena aplikasi yang ter-update secara otomatis.

6. Berikan Pelindung Layar dan Casing HP

 
Sumber: pinterest.com

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan memberikan pelindung layar dan body pada smartphone baru milikmu. Ini bertujuan agar smartphone kamu gak mudah lecet dan cacat. Jika sewaktu-waktu HP kamu jatuh, resiko smartphone rusak parah pun bisa terminimalisir, karena HP sudah dilindungi dengan case dan screen protector universal. Sebaiknya pilih case HP dengan bahan softcase, case Tough, case rugged  atau silikon case. Pasalnya bahan tersebut terbilang bagus dan aman untuk melindungi body smartphone.

Itulah enam hal dasar yang perlu kamu lakukan agar smartphone milikmu awet dan terawat dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca semua!

0 komentar: