5 Cara Mencuci Rambut Dengan Benar Agar Sehat Berkilau

November 03, 2020 0 Comments

Mencuci Rambut

Banyak orang yang memiliki kebiasan mencuci rambut rutin setiap hari, namun ada juga yang membatasi dengan jarak dua hari sekali melakukan keramas. Tetapi, banyak wanita yang masih mengeluh tentang masalah rambut, padahal mereka sering melakukan cuci rambut. Hal ini berarti cara mencuci rambut yang mereka praktekkan kurang tepat, sehingga membuat masalah rambut terus bermunculan.

Kiat Penting Untuk Mencuci Rambut Dengan Benar.

1. Gunakan Air Hangat

Sebaiknya saat melakukan ritual keramas pada rambut menggunakan air dengan suhu yang hangat. Pastikan air yang digunakan jangan terlalu panas, karena dapat membuat rambut menjadi lebih kering. Penggunaan air hangat dapat membuat pori-pori yang ada di kulit kepala menjadi terbuka.

Dengan air hangat pula dapat membuat kulit kepala menjadi tetap sehat, karena kandungan vitamin yang dimiliki oleh shampo mudah terserap oleh kulit rambut secara cepat. Keramas menggunakan air hangat mampu membersihkan kotoran yang ada di rambut secara maksimal.  Air hangat dapat membuka kutikula rambut sehingga dapat mengangkat kotoran, sel kulit mati serta ketombe yang ada dirambut.

2. Pakai Shampo di Bagian Kulit Kepala Saja

Cara mencuci rambut yang benar selanjutnya yaitu dengan menggunakan shampoo hanya di bagian kulit kepala saja. Karena, sebenarnya shampo hanya diperuntukkan untuk kulit kepala, bukan untuk ujung rambut. Pada dasarnya kandungan yang dimiliki shampo akan yang  diserap oleh kulit kepalamu dan nantinya akan berdampak pada kesehatan serta tampilan dari rambutmu.

3. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Ternyata sering melakukan keramas pada rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sering mencuci rambut akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit kepala. Selain itu juga, dapat membuat rambutmu menjadi lebih kering dan membuat ujung dari rambutmu menjadi bercabang. Disarankan memberi jarak kurang lebih sekitar dua hari, agar rambutmu tetap terawat dan indah.

4.  Pijat Secara Lembut

Melakukan cara mencuci rambut yang salah juga dapat membuat ujung rambut menjadi bercabang atau pecah-pecah. Lakukan gerakan memutar dan kemudian pijat kulit kepala menggunakan shampoo kira-kira 20 detik. Setelah melakukan pijatan, biarkan kandungan yang ada di shampo meresap hingga ke ujung rambutmu secara maksimal. Hal tersebut dapat membuat rambut menjadi sehat dan indah.

5. Bilas Dengan Bersih

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan setelah melakukan semua tahapan yaitu membilas dengan bersih agar sebum yang ada pada shampoo tidak tertinggal. Karena kamu menggunakan air hangat di awal keramas, pastikan saat membilas kamu menggunakan air dingin.

Kegunaan air dingin saat membilas yaitu dapat membuat pori-pori kulit kepala yang sempat terbuka saat awal keramas dapat tertutup kembali saat kamu membilas menggunakan air dingin. Cara mencuci rambut dengan tahap ini membuat tampilan rambutmu semakin lembut dan bersinar.

Jangan pernah anggap sepele saat melakukan keramas rambut. Hal diatas merupakan cara yang tepat dan benar saat hendak melakukan cuci rambut, yang dapat membuat rambutmu sehat, bersinar, kuat serta lebih terawat. Mungkin kamu akan merasa kesusahan, namun lambat laun kamu akan menjadi kebiasaan dengan tahapan itu semua.

Masalah rambut yang kamu hadapi, seperti ketombe, rambut rontok, kering ataupun berminyak mungkin saja dapat teratasi saat kamu mengikuti semua langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang tengah memperbaiki keadaan rambut.

 

 

 

 

0 komentar: