5 Efek Samping Vaksin Covid yang Harus Anda Tahu, Simak Disini

April 03, 2021 0 Comments

Vaksin Covid

Program vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sejak bulan januari 2021. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Namun masih banyak masyarakat yang kurang menyadari pentingnya vaksin covid. Beberapa masyarakat beranggapan bahwa mereka takut akan efek samping vaksin covid ini. Berikut beberapa efek yang mungkin akan muncul.

5 Efek Samping Dari Vaksin Covid Yang Harus Diketahui

1. Mengalami Demam Ringan

Apakah benar vaksin Covid-19 akan menimbulkan efek samping? Jawabannya adalah benar bahwa vaksin covid ternyata mampu menimbulkan beberapa efek samping. Setiap orang akan mengalami gejala efek samping yang kemungkinan berbeda dan juga tingkat yang berbeda pula. Gejala yang muncul mulai ringan sampai sedang.

Demam adalah salah satu reaksi umum yang dialami setelah melakukan vaksinasi. Pada umumnya, demam akan hilang di hari kedua atau ketiga. Namun perlu diingat, tidak semua orang sama. Perlu diagnosis dari dokter untuk masalah ini. Jika ada Anda khawatirkan dan ingin bertanya pada dokter, kunjungi www.sehatq.com. Ada juga informasi mengenai Covid-19 yang lainnya.

Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi banyak air putih setelah melakukan vaksinasi covid. Ini membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh Anda agar tidak dehidrasi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta melakukan istirahat yang cukup.

2. Nyeri Otot atau Sendi

Reaksi nyeri otot dan sendi adalah salah satu reaksi sistemik yang ditimbulkan dari vaksinasi covid. Umumnya, gejala yang dialami adalah gejala ringan dan akan mereda dalam waktu satu sampai dua hari. Munculnya efek samping menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika muncul efek samping vaksin covid.

3.Kaku pada Area Suntikan

Nyeri dan kaku pada area yang disuntik adalah hal yang biasa. Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan gerakan ringan pada bahu yang disuntik. Selain nyeri, vaksin covid juga menimbulkan efek lain pada area suntikan, seperti kemerahan dan hangat, bengkak ringan, dan sedikit kaku.Namun, hal ini bukanlah sesuatu yang membahayakan untuk Anda.

4. Sakit Kepala

Sebenarnya, efek samping vaksinasi adalah suatu hal yang wajar dan tidak perlu ditakuti. Sama dengan efek yang ditimbulkan oleh vaksinasi penyakit lainnya, vaksin Covid-19 juga menimbulkan efek samping berupa sakit kepala. Sebelum melakukan vaksinasi, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri bisa dikonsumsi jika timbul efek sakit kepala. Tentunya jangan lupa meminta anjuran dokter.

5. Kelelahan

Anda merasakan lelah dan mengantuk setelah menerima vaksinasi covid? Kelelahan dan mengantuk adalah salah satu efek normal. Bila Anda merasakan efek samping vaksin covid berupa lelah dan mengantuk, Anda cukup mengatasinya dengan melakukan istirahat yang cukup agar Anda sehat kembali.

Itulah beberapa efek samping setelah melakukan vaksinasi covid. Kondisi setiap orang berbeda-beda. Bisa saja seseorang mengalami semua efek samping yang ditimbulkan, tetapi tak menutup kemungkingan bahwa seseorang  juga hanya mengalami beberapa dari yang telah disebutkan.

Walaupun efeknya ringan sampai sedang, sebaiknya Anda memilih hari yang tepat untuk melakukan vaksinasi agar tidak mengganggu aktivitas harian atau pekerjaan Anda. Dan satu hal yang perlu diperhatikan. Setelah melakukan vaksinasi, tetaplah berkegiatan sesuai dengan protokol kesehatan, karena vaksin membutuhkan waktu untuk bekerja pada tubuh Anda.

Vaksinasi covid adalah salah satu hal yang dilakukan untuk mengatasi pandemi yang terjadi sekarang. Sudah pasti, vaksin yang diberikan adalah hasil penelitian dan sudah melalui tahap uji klinis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir pada efek yang ditimbulkan selama efek tersebut masih ringan atau sedang.

0 komentar: