5 Cara Sederhana Untuk Menguji Cincin Emas Asli

Agustus 31, 2021 0 Comments

Cincin Emas


Membeli emas saat ini tak hanya sebagai perhiasan pemanis penampilan saja. Harga emas yang selalu mengalami kenaikan juga menjadi salah satu faktor bahwa emas juga bisa menjadi alat investasi yang bagus untuk masa depan. Berikut tips sederhana untuk mengecek cincin emas asli yang anda punyai.


5 Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Menguji Emas Asli


1. Mengecek Sertifikat Cincin

Membeli emas saat ini memang tidak hanya digunakan untuk perhiasan saja. Emas juga sudah banyak dijadikan sebagai alat tukar atau bahan investasi yang menjanjikan. Pembelian cincin emas sebagai hadiah atau koleksi pribadi tentu akan menjadi barang berharga yang harus dibekali dengan surat tes keaslian.

Salah satu ciri khas bahwa cincin emas yang anda miliki itu adalah asli adalah terdapat sertifikat yang diberikan oleh pihak penjual cincin kepada pembeli. Dengan harga emas yang mahal dan selalu mengalami kenaikan, tentu memberi sertifikat keaslian menjadi suatu keharusan. Sertifikat keaslian ini pun juga harus anda cek pada saat melakukan pembelian pertama kali.


2. Menguji Emas di Toko Perhiasan

Bila anda ingin menggunakan cara yang lebih terpercaya untuk menguji cincin emas asli yang anda miliki, anda bisa datang ke toko emas terdekat untuk melakukan tes pengujian. Toko emas pasti akan mempunyai alat penguji keaslian yang akurat, sehingga kevalidan data yang akan dikeluarkan juga akan terpercaya.


3. Melakukan Pengecekan Dengan Cara Menggigit Cincin

Cara satu ini tergolong salah satu cara tradisional dalam menguji keaslian cincicn emas. Tetapi cara satu ini juga masih terbukti ampuh dalam melihat keaslian cincin. Cara menguji keaslian cincin emas dengan cara menggigit seperti ini memang tidak terlalu disarankan karena bisa berbahaya untuk gigi anda.

Tetapi hal ini juga tetap efektis dalam membuktikan asli tidaknya emas yang anda uji. Karena emas asli tidak akan bisa anda gigit dengan gigi, dan emas yang asli tidak akan meninggalkan bekas goresan gigitan di permukaannya. Jadi bila saat anda gigit lapisan emasnya terkelupas, anda patut meragukan keasliannya.


4. Menggosok Cincin Emas

Cara selanjutnya yang bisa anda coba untuk menguji cincin emas asli anda adalah dengan cara menggosokkannya ke lantai keramik di rumah. Bila setelah dilakukan penggosokkan beberapa kali ternayat cincin tergores dan meninggalkan bekas kehitaman, maka bisa dipastikan bahwa cincin yang anda punya bukan yang asli.

Tetapi bila cincin tersebut tidak tergores ataupun tidak meninggalkan bekas kehitaman apapun saat digosok beberapa kali di lantai, maka bisa dipastikan bahwa cincin emas tersebut asli. Hal ini karena bahan logam emas tidak akan mudah rusak ataupun meninggalkan bekas hanya dengan gesekan sederhana.


5. Menggunakan magnet

Bila anda tidak ingin menggunakan cara cara diatas yang membutuhkan banyak tenaga, anda juga disarankan menggunakan cara praktis satu ini. Yaitu dengan menggunakan magnet berdaya tarik besar. Dengan mendekatkan magnet pada cincin emas anda anda bisa mengetahui tingkat keasliannya.

Bila cincin emas anda dapat dengan mudah tertarik masuk ke dalam medan magnet tersebut, makan dapat dipastikan bahwa cincin tersebut bukan yang asli. Hal ini karena bila cincin emas asli tidak akan mudah tertarik oleh medan magnet. Cara yang cukup mudah dan praktis dipraktekkan bukan?


Setelah mengetahui beberapa cara menguji keaslian emas diatas, kini anda sudah bisa mengecek cincin emas anda sewaktu waktu. Hal ini tentu akan memudahkan anda dalam memilih emas, sehingga tidak akan mudah tertipu bila ingin membeli emas atau ingin berinvestasi pada emas.


0 komentar: