6 Cara Mudah Hemat BBM: Kantong Aman, Ramah Lingkungan

Desember 08, 2021 0 Comments

Mobil Bekas


Salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat akan mengajukan  kredit mobil bekas Bandung adalah bagaimana penggunaan bahan bakar dari mobil yang dipilih. Terlebih, kota Bandung cukup sering macet sehingga jika mobil boros BBM akan sangat berdampak pada keuangan Anda. Namun, selain memilih jenis mobil yang hemat BBM, ternyata ada beberapa hal yang juga bisa memengaruhi konsumsi BBM pada kendaraan agar lebih hemat, yaitu:

1.       Perhatikan kecepatan mobil

Cara mudah menghemat BBM yang pertama adalah mengendarainya dengan halus. Jangan meningkatkan atau menurunkan kecepatan secara tiba-tiba. Sebab hal tersebut akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat.

Kerja mesin yang berat akan meningkatkan kebutuhan bahan bakar. Oleh karena itu, usahakan menjaga jarak dengan kendaraan lain di jalan raya agar Anda tidak perlu menginjak pedal rem secara mendadak.

2.       Pasang tuas gigi yang sesuai

Anda harus pandai menempatkan gigi sesuai dengan kondisi medan. Sebab, mesin akan bekerja lebih keras apabila Anda menggunakan gigi yang tidak sesuai. Misalnya saja, memasang gigi tinggi saat melewati jalan menanjak. Ini tentu membuat mobil bekerja lebih ekstra dan membuat bahan bakar jadi lebih cepat habis.

3.       Matikan mesin mobil saat berhenti lama

Pastikan Anda mematikan mesin mobil jika berhenti cukup lama. Selain membuat komponen mesin lebih awet, mematikan mesin dapat membantu menghemat penggunaan bahan bakar. Dengan begitu, bahan bakar tidak akan cepat habis.

4.       Bersihkan filter udara secara rutin

Rutinlah membersihkan filter udara pada mobil. Pasalnya, membiarkan filter udara kotor dapat mengganggu kerja piston. Jika piston terganggu, maka tugas pedal gas akan semakin berat. Efeknya, bahan bakar akan lebih cepat habis.

5.       Menggunakan AC Secukupnya

Cuaca di Indonesia memang cenderung selalu panas, namun Anda harus mengatur AC sewajarnya. Sebab, memasang AC sering malah membuat power mesin bekerja lebih keras. Tentu saja ini akan membuat bahan bakar terkuras.

6.       Kondisi ban harus prima

Selalu perhatikan kondisi ban mobil Anda secara rutin. Sebab, jika ban bermasalah seperti tekanan ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi maka dapat meningkatkan gesekan pada aspal. Akibatnya beban mesin dan daya putar ban tidak seimbang sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih banyak.

Demikian enam cara mudah menghemat bahan bakar yang bisa diterapkan. Dengan menerapkan tips di atas, tidak hanya bermanfaat untuk menghemat pengeluaran tapi juga berdampak positif pada lingkungan.

0 komentar: