Cara Mudah Parkir Mobil Yang Benar Untuk Pemula!

Desember 13, 2021 0 Comments

Parkir Mobil


Salah satu hal yang paling sulit ketika belajar mengemudi adalah teknik parkir. Banyak orang yang sudah lama memiliki mobil tetapi belum terlalu terampil memarkirkan kendaraannya. Tentunya, Anda yang baru saja membeli mobil karena sedang ada promo harga mobil bekas murah pasti tidak mau seperti itu, kan?

Tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas tips untuk memudahkan Anda belajar memarkirkan mobil, yaitu:

 1. Mengenali Area Parkir

Sebelum mulai memarkirkan kendaraan Anda, kenali terlebih dahulu medan atau area tempat Anda parkir. Apakah di gedung, di garasi, atau bahkan di lahan parkir yang luas? Bagaimana dengan medannya? Apakah rata atau bahkan menanjak? Mengenali area parkir akan mempermudah Anda dalam mengendarai kendaraan dan juga memarkirkan mobil Anda kelak.

2. Jangan Merasa Gugup Atau Tegang

Kedua, tenangkan diri dan jangan gugup atau tegang. Meskipun sederhana, memarkirkan kendaraan memang butuh kesiapan mental yang matang. Operasikan tuas rem dan setir sesuai fungsinya dan mulai parkir dengan perlahan-lahan.

3. Membuka Kaca Mobil

Untuk Anda yang belum berpengalaman dan masih berlatih memarkirkan mobil, membuka kaca mobil bisa membantu mempermudah proses parkir. Pasalnya, jarak pandang Anda akan semakin luas dan Anda bisa dengan jelas melihat sisi kanan dan kiri mobil.

4. Gunakan Spion dengan Maksimal

Penggunaan spion pada mobil bukan hanya saat perjalanan saja, namun juga saat memarkirkan. Terdapat 2 spion di sisi kanan dan kiri serta 1 spion di depan atas pengemudi. Anda dapat melihat sisi samping mobil saat memarkirkan apakah sudah pas dan melihat belakang mobil apakah masih jauh atau dekat dengan pembatas.

5. Mengaktifkan Sensor Parkir

Setiap mobil baru pasti memiliki sistem canggih seperti sensor parkir. Penggunaan sensor ini sangat menguntungkan karena Anda bisa dengan mudah mengetahui jarak mobil dengan pembatas tanpa harus memprediksinya lewat spion. Inilah salah satu cara mudah parkir mobil yang terbilang canggih.

6. Memberi Jarak Sisi Kanan dan Kiri

Hal yang satu ini juga tidak boleh Anda abaikan. Memberikan jarak pada sisi kanan dan kiri mobil sangat penting untuk mempermudah membuka pintu kendaraan. Kemudian juga sebagai antisipasi saat membuka pintu agar tidak menyenggol mobil lainnya.

Memarkirkan Mobil Itu Tidak Susah!

Itu dia cara mudah memarkirkan mobil dengan baik dan benar. Maksimalkan semua sistem yang ada di dalam mobil untuk memudahkan Anda dalam melakukannya. Percaya diri dan jangan tegang saat memarkirkan mobil agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

 

0 komentar: